pengaruh diabetes terhadap penglihatan

Ternyata Ini 8 Faktor Pemicu Perkembangan Katarak

lensa di dalam mata bekerja seperti lensa kamera yang memusatkan cahaya ke retina untuk penglihatan yang jernih. Peran lensa mata sendiri adalah memfokuskan cahaya yang yang masuk ke mata untuk menghasilkan gambar jernih dan jernih pada retina yang seharusnya menghasilkan penglihatan yang jelas.

1. Lensa kebanyakan terbuat dari air dan protein. Dimana protein diatur dengan cara yang tepat agar lensa tetap bersih dan membiarkan cahaya melewatinya. Namun seiring bertambahnya usia, beberapa protein bisa berkumpul bersama dan mulai melapisi area kecuali lensa. Inilah proses pembuatan katarak terjadi dan saat katarak terbentuk, ia menyebarkan cahaya yang memicu pada penglihatan kabur, kontras terbatas dan sejumlah gejala gangguan penglihatan lainnya.
Telah diungkap ternyata ini beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang terkena penyakit katarak, WASPADA DARI SEKARANG YUK

2. Usia adalah penyebab paling umum dari katarak. Protein lensa mengalami denatur dan terdegradasi dari waktu ke waktu. Proses ini dapat dipercepat dengan adanya suatu kondisi tertentu seperti diabetes dan hipertensi. Faktor lingkungan, termasuk racun, radiasi dan sinar ultraviolet , memiliki efek kumulatif yang diperparah oleh hilangnya mekanisme protektif dan restoratif akibat perubahan ekspresi gen dan proses kimia di dalam mata.

3. Trauma tumpul menyebabkan pembengkakan, penebaln dan pemutihan pada serat lensa. Pembengkakan biasanya hilang dengan sendirinya, namun warna putih di mata kemungkinan tetap ada. Pada trauma yang parah seperti terjadnya luka yang sampai menembus mata, kapsul tempat lensa duduk bisa berisiko rusak. Kerusakan ini kemungkinan cairan dari bagian lain mata untuk memasuki lensa yang menyebabkan pada pembengkakan dan kemudian memutih yang akhirnya menghalangi cahaya dari mencapai retina di bagian belakang mata. Pada trauma tumpul juga bisa mengakibatkan katarak berbentuk bintang atau kelopak mata.
Radiasi, dimana cahaya ultraviolet khususnya UVB telah terbukti termasuk faktor yang menyebabkan katarak. Beberapa bukti telah ditunjukan kacamata hitam yang dikenakan pada usia dini dapat memperlambat perkembangan mata di kemudian hari. Radiasi gelombang mikro juga telah ditemukan menyebabkan katarak

4. Genetika, dimana paling umum hal ini terjadi melalui mekanisme yang melindungi dan merawat lensa. Terjadinya katarak pada masa kanak-kanak, mereka dapat disebabkan oleh adanya sindrom tertentu. Contoh kelainan kromosom yang terkait dengan katarak sindrom penghapusan, sindrom cri-du-chat, sindrom Down, sindrom Patau, trisomi 18 ( sindrom Edward) & sindrom Turner. (* Manfaat ramuan teh hijau untuk penyakit katarak

5. Penyakit kulit dan lensa memiliki asal embriologis yang sama sehingga bisa terkena penyakit serupa. Mereka yang menderita dermatitis atopik dan eksim terkadang mengalami ulkus katarak ulat. Ichthyosis adalah kelainan resesif autosomal yang terkait dengan katarak runcing dan sklerosis nuklir.

6. Merokok dan alkohol termasuk kebiasaan pola hidup yang tidak sehat, dimana merokok telah terbukti melipatgandakan tingkat katarak subkapsular posterior.

7. Vitamin C yang tidak adekuat, dimana asupan vitamin C yang rendah dan kadar serum tekah dikaitkan dengan tingkat katarak yang lebih tinggi.

8. Obat-obatan seperti kortikosteroid sistemik, topikal, atau inhalasi, dapat meningkatkan risiko pengembangan katarak. Jenis kortikosteroid paling sering menyebabkan katarak subkapsular posterior. Orang dengan skizofrenia sering memiliki faktor risiko kecemerlangan lensa (seperti diabetes, hipertensi dan gizi buruk), namun obat antipsikotik tidak mungkin berkontribusi pada pembentukan katarak.

Itulah sedikit informasi mengenai kondisi risiko penyakit katarak, semoga artikelnya bermanfaat dan lekas sembuh..

Sumber: https://kumparan.com/herna-ismayanti/ternyata-ini-8-faktor-pemicu-perkembangan-katarak-terjadi-1508988139925#L0DpjjgkVgZUf1uV.99

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *