Rail Clinic PT KAI Dilengkapi Ruang Operasi Katarak

Rangkaian kereta api rail clinic terbaru segera dioperasikan PT KAI. Pengoperasionalan kereta ini melengkapi tiga rail clinic yang sudah ada di Indonesia. Dua di wilayah Sumatera dan yang satu di wilayah Jawa.

Rangkaian kereta ini beda dengan tiga rail clinic yang sudah ada. Sebab, yang terbaru ini dilengkapi dengan ruang operasi dan perpustakaan, sementara yang sebelumnya belum ada ruang operasi.

Masyarakat luas baru akan dikenalkan dengan kereta tersebut oleh perusahaan plat merah ini pada 29 September 2017 nanti. Kereta terbaru ini melengkapi kereta medis yang sudah ada sebelumnya.

“Ini sebenarnya rangkaian kereta api lama, tapi dimodifikasi lagi, diperbarui lagi dengan fasilitas yang lebih komplit,” tandas Wakil Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta, Ida Hidayati di Balai Yasa Yogyakarta, Selasa (5/9/2017).

Rail clinic terbaru terdapat empat gerbong. Beberapa fasilitas diantaranya pemeriksaan ibu hamil dan ruang menyusui, ruang laboratorium, ruang pemeriksaan gigi, ruang pemeriksaan umum seperti poli umum, ruang penyimpanan obat dan pelayanan obat, serta ruang untuk operasi ringan seperti operasi katarak.

 

“Ruang pemeriksaan lebih lengkap. Dokter dan juga dan para medis lebih banyak dari sebelumnya. Ada ruang baca, perpustakaan,” tandasnya.

Rail clinic sebelumnya, kata dia, gerbong dari kereta api lama yang juga dibangun kembali dengan menyesuaikan kebutuhan ruangan. Tentunya, gerbong itu juga ramah bagi pasien difabel maupun yang tidak.

“Pelayanan kesehatannya nanti juga lebih lengkap. Kereta ini akan dioperasikan di wilayah Jawa,” imbuhnya.

Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budianto mengatakan rangkaian rail clinic yang akan segera beroperasi semuanya dibuat di Balai Yasa Yogyakarta, bengkel kereta api. Eko mengaku bangga karena rangkaian itu dibuat sendiri putra-putri terbaik pegawai Balai Yasa Yogyakarta.

Eko menambahkan, rangkain kereta ini jiga bisa terlibat dalam pertolongan medis jika ada musibah kecelakan. Bahkan, rangkain ini pernah dipergunakan untuk aksi sosial saat terjadi bencana di Garut, beberapa waktu lalu.

“Rail clinic ini juga bisa untuk penyaluran bantuan makanan di daerah bencana. Jadi fungsi tidak hanya untuk klinik kesehatan saja, bisa beragam,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *