Kuwait Bantu Operasi 600 Pasien Katarak

Pemerintah Kuwait memberikan bantuan operasi katarak bagi 600 pasien. Dari jumlah pasien tersebut, baru sebanyak 250 pasien yang sudah melaksanakan operasi katarak. Dipastikan, bantuan itu akan terus berlanjut demi membantu Indonesia mengatasi kebutaan.

Hal tersebut disampaikan Chairman Maryam Foundation yang juga merupakan adik Raja Kuwait Seikha Maryam saat membuka acara bakti sosial operasi katarak di Bandung Eye Center (BEC) di Jalan Buahbatu, Kota Bandung, Jumat 4 Mei 2018.

Hadir pada kesempatan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Kuwait Tatang Budie Utama Razak, Direktur Yayasan Baitul Al Khairiyah Nadya Abu Sodieq Bawazier, dan Direktur BEC Budiman.

Menurut Seikha Maryam, Indonesia merupakan negara yang ramah dan berakhlak. Namun, Indonesia juga masyarakatnya banyak yang memgalami kebutaan untuk itu pemerintah Kuwait memberikan bantuam operasi agar masyarakat Indonesia dapat melihat dengan baik.

Teringgi

Direktur BEC Budiman, dalam sambutannya mengatakan, angka kebutaan di Indonesia tertinggi kedua di dunia setelah Ethiopia. Sebanyak 285 juta orang di dunia mengalami gangguan penglihatan.

Sebanyak 39 juta mengalami kebutaan (blind) dan sebanyak 246 juta mempunyai penglihatan lemah (low vision). Sekitar 90% dari penderita itu tinggal di Indonesia.

Bantuan operasi katarak yang disampaikan pemerintah Kuwait melalui Maryam Foundation kepada Indonesia sungguh sangat membantu.

Saat ini, kata dia, jumlah provinsi di Indonesia ada 34 dengan jumlah penduduk terbanyak 57% tinggal di pulau Jawa dan sebanyak 20% dari jumlah tersebut terdapat di Jawa Barat.

“Dengan adanya program bakti sosial operasi katarak ini, sangat membantu program akselerasi penanggulangan kebutaan karena katarak,” katanya.

Direktur Yayasan Baitul Al Khairiyah, Nadya Abu Sodieq Bawazier mengatakan, bakti sosial operasi katarak itu merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya, pemerintah Kuwait juga memberikan 2.000 Alquran Braille dan bantuan lain ke Pondok Pesantren Taklim Quran Serang, Banten.

Pada kesempatan itu, Sheikha Maryam menyampaikan ucapan terima kasuh atas terselenggaranya acara bakti sosial operasi katarak. Termasuk, disampaikan kepada Manajer Marcomm PR Herman Yamashitta. Usai pelaksanaan acara, pasien katarak langsung ditangani pemeriksaan untuk persiapan operasi.

 

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2018/05/05/pemerintah-kuwait-bantu-operasi-600-pasien-katarak-423860

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *