Kiat Mengatasi Ketergantungan Gadget pada Anak

Kiat Mengatasi Ketergantungan Gadget pada Anak

Kiat Mengatasi Ketergantungan Gadget pada Anak

 

Hidup di jaman modern ternyata memiliki semakin banyak problematika yang harus dihadapi. Salah satunya yang cukup meresahkan banyak orang tua saat ini adalah ketergantungan gadget pada anak-anak mereka. Gadget tentu bukan hanya mencakup ponsel dan smartphone saja tetapi juga bisa televisi, perangkat game, ataupun lainnya yang merupakan perangkat dengan teknologi canggih. Sebenarnya masalah kecanduan terhadap gadget yang terjadi pada anak mulanya berangkat dari sikap dan kebijakan orang tua itu sendiri. Awalnya mungkin anak diberikan gadget supaya mereka bisa lebih mudah dikontrol, supaya anak mendapatkan hiburan yang berbeda, ataupun tujuan-tujuan lainnya. Namun, penggunaan gadget itu sendiri kurang mendapatkan ketegasan dari orang tua sehingga anak menjadi semakin ketergantungan terhadap perangkat gadget tersebut.

 

Bila memang anak sudah menunjukkan ciri-ciri ketergantungan gadget, sebagai orang tua Anda sebaiknya bisa mengambil sikap dengan bijak namun tegas. Pertama, Anda sebaiknya mulai membatasi penggunaan gadget itu sendiri yang mana dalam hal ini orang tua hendaknya memahami gadget seperti apa yang direkomendasikan untuk anak di usia tertentu. Kedua, orang tua hendaknya memberikan jadwal khusus bagi anak untuk menggunakan gadget. Sebagai pengalihannya, orang tua juga harus kreatif untuk memberikan kegiatan alternatif dan menarik sehingga anak tidak mudha bosan dan ingat terhadap gadgetnya. Ketiga, Anda sebaiknya tidak memberikan akses penuh anak untuk menggunakan gadget seperti TV hendaknya ditempatkan di ruang keluarga, anak tidak diserahi ponsel sepenuhnya, ataupun hal lainnya.

 

Tentu saja, untuk memberikan motivasi anak yang ketergantungan gadget, peran orang tua pastinya sangat penting termasuk dengan memberikan contoh teladan. Selama bersama anak, sebisa mungkin orang tua tidak menggunakan perangkat gadget tetapi meluangkan waktu yang benar-benar berkualitas untuk dinikmati bersama anak. Anda juga sebaiknya memberikan pemahaman tentang pentingnya menahan diri. Ketika anak Anda berhasil menahan diri untuk tidak main game ataupun nonton TV di luar jadwal yang telah dibuat, Anda sebaiknya memberikan apresiasi atas prestasi tersebut sehingga anak merasa bahwa usahanya cukup dihargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *