Hari Penyu dan Kura-Kura Sedunia

Hari Penyu dan Kura-kura Sedunia dirayakan sejak tahun 2000 oleh American Tortoise Rescue untuk menarik perhatian warga dunia terhadap keberadaan kura-kura dan penyu dan mendorong manusia untuk menyelamatkan spesies yang terancam. (wikipedia)

Hal ini bertujuan untuk menyoroti keadaan binatang tersebut, meningkatkan pengetahuan dan memberikan rasa menghargai terhadap kura-kura. Hari raya ini juga dirayakan dengan berbagai cara di seluruh dunia, mulai dari berbusana layaknya kura-kura sampai pelepasan penyu ke pantai secara bersama-sama.

Meskipun kita jarang mendengar tentang kura-kura, ternyata banyak juga fakta unik tentang mereka. Kura-kura ternyata menginspirasi prajurit Romawi kuno dalam membentuk formasi testudo atau dalam bahasa latin kura-kura darat.
Para prajurit akan membentuk barisan dan memegang tameng mereka di depan mereka dan sebagian prajurit memegang tameng mereka di atas mereka, sehingga akhirnya menutupi semua bagian.
Ternyata, warna cangkang kura-kura menentukan asal mereka. Semakin terang warnanya maka biasanya mereka akan berasal dari daerah yang panas dan apabila berasal dari daerah yang dingin maka mereka biasanya berwarna gelap.
Selain itu, keunikan yang lainnya yang dimiliki kura-kura adalah mereka dapat menghirup bau dengan tenggorokan mereka. Mereka memompa udara ke tenggorokan mereka untuk mensirkulasikan udara melalui hidung dan sekitar tenggorokan (CNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *