pelatihan teknik phaco

Dokter Spesialis Mata Dilatih Operasi Katarak Teknik “Phaco”

Puluhan dokter spesialis mata dari sejumlah daerah di Indonesia dilatih operasi katarak menggunakan teknik “Phaco” pada 15-16 Juli 2017 yang diselenggarakan Klinik Mata Utama (KMU).
“Teknik ini terbaru dan canggih, yang manfaat operasi katarak berjalan 10 menit atau lebih cepat daripada biasanya, tanpa jahit, tanpa sakit dan sembuh lebih cepat,” ujar Direktur KMU dr Uyik Unari, SpM, di sela pelatihan di salah satu hotel di Surabaya, Sabtu.
Pelatihan yang diikuti dokter spesialis mata dari sejumlah daerah di Indonesia tersebut menggandeng Persatuan Dokter Mata Indonesia dan “Indonesian Society of Catkaract and Refractive Surgery”.
“Materi pelatihan tak hanya teori, tapi lebih banyak dengan praktik wet laboratorium menggunakan mata babi,” ucap alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tersebut.
Pelatihan tersebut, kata dia, karena masih sedikitnya dokter mata yang sudah bisa melakukan operasi dengan teknik “Phaco”, sedangkan di sisi lain jumlah pasien katarak semakin banyak di Indonesia.
“Kami sangat berharap kegiatan ini merupakan sumbangsih KMU untuk percepatan dan peningkatan kualitas layanan operasi mata bagi masyarakat,” katanya.
Di sisi lain, kemampuan operasi mata di Indonesia masih di kisaran 800 mata per tahun, padahal mengutip standar “World Health Organization” (WHO), seharusnya 4.000 mata per tahun per sejuta penduduk.
“Artinya, Indonesia ketinggalan sekali sehingga pelatihan semacam ini harus lebih sering digelar. Salah satu sebabnya karena mereka kini tak harus belajar ke luar negeri untuk belajar teknik ini,” katanya.
Ke depan, lanjut dia, pelatihan serupa juga akan digelar sebagai tindak lanjut sekaligus sebagai peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) spesialis dokter mata di “Tanah Air”.
Sumber : KMU | Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *