Cara Cepat Cegah dan Obati Iritasi Mata atau Mata Merah

Cara Mencegah Iritasi Mata

Iritasi pada mata dapat disebabkan banyak sebab seperti lingkungan yang kurang steril, aktivitas yang begitu padat, kebiasaan membaca buku dan menatap layar gadget secara berlebihan. Dimana generasi milenial sudah sangat akrab dengan gadget dengan segala macamnya. Tidak mengherankan jika semakin banyak pula penyakit yang bermunculan. Salah satunya yang paling umum adalah gangguan pada mata.

Mata memiliki sensitivitas yang sangat rentan terkena penyakit akibat faktor lingkungan dan kebiasaan yang kurang baik. Hampir sebagian besar aktivitas dipengaruhi oleh kinerja mata. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk mata sebelum terjadi dampak yang berkepanjangan.

1.Hindari terlalu lama berada di depan Gagdet

Terlalu sering berada di depan gadget tidak hanya menyebabkan gangguan mata, tetapi juga efek samping ringan yang mengganggu seperti mata lelah, pandangan kabur, sulit fokus pada jarak, mata kering, sakit kepala, leher, punggung dan nyeri bahu. Biasakan untuk mengalihkan pandangan setiap 20 menit sekali selama 20 detik dan memandang sejauh 20 kaki (kurang lebih 6-7 meter).

2.Perbanyak konsumsi kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang kaya vitamin E yang mampu mencegah perburukan macular degeneration. Salah satu sumber vitamin E ialah kacang almond. Konsumsi 23 butir kacang almond dapat memenuhi separuh dari kebutuhan vitamin E yang kamu perlukan tiap hari.

3.Makan makanan yang mengandung omega 3

Tidak kalah penting juga, konsumsi makanan yang mengandung omega 3, seperti ikan tuna, salmon, sarden, kerang, dan udang; serta konsumsi maqui berry dapat meringankan gejala mata kering. Omega 3 dapat merangsang produksi air mata, menjaga stabilitas air mata dan juga membantu mencegah proses peradangan.

4.Kunjungi dokter mata secara berkala

Jika mata sudah terlanjur rentan terkena iritasi, kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Ceritakan riwayat kesehatan pribadimu, sekaligus pemeriksaan mata yang rutin atau perlu dilakukan oleh dokter mata untuk mengetahui seberapa baik kondisi terkini matamu.

Melakukan pencegahan salah satunya adalah dengan memberikan perlakuan khusus untuk menghindari dampak yang berkepanjangan. Selain melakukan 4 hal di atas, masih banyak lagi faktor yang harus diperhatikan seperti kondisi kebersihan lingkungan yang sering kamu lalui dan kebiasaan sehari-hari.

Salah satu solusi praktis untuk mencegah dan meredakan gangguan mata adalah dengan menggunakan tetes mata. Insto, pereda mata merah seringkali dipakai oleh masyarakat Indonesia karena reaksinya yang begitu cepat mengatasi gangguan mata seperti iritasi dan mata merah. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya adalah zat kimia ringan yang sudah melewati uji kelayakan. Kemasan yang praktis dan ekonomis, tidak akan memakan banyak tempat untuk kantongmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *