Berbagai Informasi Mengenai Katarak

Berbagai Informasi Mengenai Katarak

Berbagai Informasi Mengenai Katarak

 

Banyak orang mungkin sudah begitu sering mendengar tentang penyakit katarak meskipun tidak semua juga memahami apa yang menajdi penyebab serta bagaimana cara menanggulanginya termasuk mencegahnya. Katarak merupakan suatu kondisi mengeruhnya bagian lensa mata namun tidak menimbulkan rasa nyeri seperti infeksi mata. Kondisi ini mampu menyebabkan cahaya menjadi terhalang untuk bisa masuk ke mata sehingga penglihatan menjadi buram. Bila dibiarkan tanpa adanya pengobatan, kondisi ini bisa menyebabkan kebutaan.

 

Kebanyakan penyakit katarak ini memiliki kaitan dengan masalah penuaan. Namun demikian, katarak juga bisa terjadi pada orang-orang di usia yang relatif masih muda. Secara pasti, penyebab penyakit mata ini belum diketahui. Selain faktor penuaan usia, ada juga beberapa hal lain yang diyakini mampu meningkatkan resiko terjadinya katarak seperti penyakit diabetes, konsumsi alkohol, paparan sinar matahari secara langsung, merokok, adanya cedera mata, ataupun beberapa faktor lainnya.

 

Tentu saja, tidak semua faktor tersebut menyebabkan katarak. Ada beberapa gejala katarak yang sebaiknya diketahui seperti penglihatan kabur pada saat melihat suatu benda di jarak berapa pun. Penglihatan seperti berkabut. Selain munculnya penglihatan yang kabur, gejala lain dari penyakit ini adalah mata lebih sensitif terhadap cahaya. Bila sebelumnya mata tidak terganggu dengan cahaya lampu, kini cahaya tersebut terasa terlalu terang dan menyilaukan. Gejala lainnya adalah munculnya penglihatan ganda bahkan ketika hanya satu mata yang terbuka. Dan, gejala lainnya adalah adanya perubahan warna yang kiat terlihat memudar.

 

Bila Anda menemukan beberapa gejala tersebut, tak ada salahnya bila berkonsultasi dengan dokter mata untuk mengetahui apa yang terjadi pada mata Anda. Bila gejala tersebut memang mengindikasikan adanya penyakit katarak, Anda bisa segera mendapatkan penanganan sebelum kondisinya semakin memburuk bahkan menikmbulkan kebutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *