penyakit-berbahaya-yang-bisa-terdeteksi-lewat-selfie

5 Penyakit Berbahaya yang Bisa Terdeteksi Lewat Selfie

Foto selfie kadang bisa bermanfaat selain untuk mengabadikan momen saja. Pada beberapa kasus, ada penyakit-penyakit yang bisa terdeteksi oleh selfie.

  1. Retinoblastoma adalah tumor kanker ganas yang menyerang lapisan retina di mata. Tanda dari kanker ini bisa muncul sebagai rona putih di mata ketika selfie diambil menggunakan cahaya flash. (Foto: Instagram/carlsbadeyecare)                                                                                    
  2. Tahi lalat dengan ciri-ciri tertentu bisa menjadi tanda kanker kulit. Ada banyak cerita orang-orang menyadari kemunculan tahi lalat ‘kanker’ ini setelah melihat hasil selfie. (Foto: Instagram/joanna_cook)
  3. Segala penyakit pankreas termasuk kanker akan menyebabkan penumpukan bilirubin terjadi pada tubuh. Bila itu terjadi kulit akan menguning termasuk pada bagian sklera mata. Nah sekelompok peneliti telah mengembangkan aplikasi yang bisa mendeteksi perubahan warna tersebut dari foto selfie. (Foto: Thinkstock)
  4. Sindrom DiGeorge adalah penyakit genetik langka yang menyebabkan berbagai kecacatan termasuk masalah jantung. Untuk membantu diagnosa, peneliti mengembangkan aplikasi deteksi fitur wajah yang bisa digunakan kamera smartphone. (Foto: Thinkstock)
  5. Ada beberapa aplikasi dan studi yang melihat selfie di media sosial dapat dipakai untuk mendeteksi tingkat depresi seseorang. Peneliti menyebut orang dengan tingkat depresi yang tinggi cenderung menggunakan filter dengan mayoritas warna biru, abu-abu dan warna gelap lain. (Foto: Thinkstock)

Sumber: Detik Health

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *